Catatan Tentang Backlight / Lampu Latar LCD

Panel LCD tidak dapat memancarkan cahaya sendiri karena itulah harus ada sistem pasokan cahaya yang diperlukan yaitu panel konduktor yang dapat mendistribusikan cahaya keseluruh layar monitor untuk itu diperlukan power supply yang dapat mengerakan perangkat penghasil cahaya yaitu lampu backlight. Lampu ini mempunyai berbagai bentuk tipe, jenis maupun bentuknya.


Lampu yang sering digunakan adalah CCFL. CCFL ini disebut juga katoda dingin tapi prinsip kerja pencahayaan sama dengan tabung katoda panas yang banyak digunakan dirumah tangga lampu jenis ini tidak memerlukan pemanasan terlebih dahulu dari filament-nya. Elktroda dari lampu ini bersuhu rendah meskipun sedang memancarkan cahaya umur lampu ini biasanya berkisar 50.000 jam normalnya. Sebuah power supply khusus dan inverter diperlukan untuk menghasilkan tegangan sekitar 600-1000 volt AC diperlukan untuk mengoperasika lampu jenis ini. Backlight ini biasanya berjumlah dua pada monitor LCD terletak dibagian atas dan bawah panel LCD.
Tampilan muncul tapi kedip kedip dan kemerah merahan Gejala ini biasanya disebabkan karena lampu sudah berumur tua sehingga mengalami degradasi/penurunan kwalitas, bagi jenis monitor yang tidak memiliki feedback circuit pada inverter board-nya lampu akan tetap bekerja mengeluarkan cahaya meskipun gejala terjadi seperti diatas. Tetapi bagi monitor yang sudah memakai feedback circuit akan hidup sebentar kemudian langsung mati karena untuk melindungi inverter board.






Cara mengganti lampu backlight monitor dengan benar
Apabila kita ingin mencoba memperbaiki atau mengganti lampu backlight harus hati hati karena komponen lampu ini sangat rapuh kita bisa menariknya secara pelan dari dalam casing monitor seperti gambar diatas, beberapa susah sekali untuk ditarik keluar khususnya bagi monitor yang mungkin sudah disegel mati. Sekali lagi hati hati terutama dengan soket konektor yang menyambung dengan panel layar LCD sperti gambar dibawah karena apabila sobek anda tak akan bisa/sulit sekali memperbaikinya karena sudah didesain khusus oleh pabrik pembuatnya.
Pertanyan pertanyan yang berhubungan dengan backlight
1) Bagaiman cara mengetahui backlight itu bagus atau sudah rusak
Caranya membandingkan dengan backlight yang masih bagus/baru/normal dengan syarat konektor penghubungnya cocok dan pas
2) Bisakah mengganti backlight ukuran monitor 17 inci dengan ukuran 15 inci
Ya bisa, tetapi ada bagian yang gelap yang tak bisa diterangi secara merata karena ukuran 15 inci tentu saja lebih pendek dari ukuran 17 inci
3) Bisakah mengganti backlight dengan merk lain tetapi ukuran sama misalkan 15 inchi diganti dengan 15 inchi
Ya bisa, tapi harus periksa dahulu intensitas cahaya yang keluar dengan cara memasangnya dan amati dahulu. Meskipun ukuran sama tetapi daya pancar cahaya yang dikeluarkan belum tentu seterang yang asli
4) Dimana kita bisa mendapatkan backlight yang baru?
Tentunya di service senter yang menjual monitor merk yang kita pakai atau bisa juga ditempat lain
5) Haruskah kita membeli untuk cadangan?
Itu tergantung anda sendiri. Apabila memang penting silahkan
6) Gejala apa saja yang terjadi apabila backlight mengalami masalah
Tampilan mati, ada cahaya tapi berkedip kedip, tampilan ada tetapi ada warna kemerah merahan biasanya diatas atau bawah layar tergantung lokasi backlight yang rusak itu berada
Tip rahasia
Bagaimana cara memperbaiki gejala flicker (berkedip kedip) tanpa harus mengganti lampu backlight-nya itu sendiri? Secara normal pada desain LCD monitor terbaru (yang mempunyai sirkuit feedback) biasanya menggunakan IC bernomor kode OZ960 monitor akan menyala sebentar kemudian langsung mati. Amati dahulu dari lokasi mana flicker itu mulai terjadi jika terjadi mulainya pada bagian atas menyebar kebawah berarti bagian backlight atas monitor yang bermasalah. Sebaliknya jika terjadi mulai dari bawah keatas maka backlight bagian bawah yang bermasalah. Jika sudah yakin dimana flicker itu mulai (misalkan bagian atas monitor) maka bisa diganti dengan yang baru, betul kan? Tidak juga seperti itu menurut saya kadang flicker sedikit bisa diakali pada bagian sirkuit feedback-nya.

Bagaiman cara mengakali gejala flicker?
Cari sebuah komponen resistor pada bagian bawah backlight feedback circuit yang salah satu kakinya terhubung pada cold ground setelah ketemu angkat cabut saja resistor tersebut dan gantikan dengan preset tiga kaki dengan terlebih dahulu menyatukan kaki 1 dengan 2 (lihat gambar dibawah) lalu pasangkan bebas menghadap mana saja karena tak mempunyai polaritas setelah selesai hidupkan monitor sambil memutar mutar pelan tuning-ya dengan obeng plus cari tuningnya sampai monitor tidak mati apabila mati hidupkan kembali lakukan hal yang sama sampai monitor menyala terus.
Contoh kasus
Sebuah monitor LCD merk HP17 dengan gejala kerusakan ficker ringan pada backlight bagian atas layar monitor, lalu saya telusuri dan menacari sebuah resistor (R120) yang salah satu kakinya terhubung dengan cold gound setelah ketemu saya ganti dengan komponen preset dengan nilai default dikomponen itu tertulis 13.
13 = kira kira 1000 Ohm = 1 Kilo Ohm lalu saya tuning sambil monitor dihidupkan setelah diamati sebentar ternyata monitor dapat hidup terus tanpa mati atau mengalami flicker. Setelah itu saya matikan komputer dan mencopot kembali preset tadi kemudian saya ukur ternyata nilainya berubah menjadi 238 Ohm. Ini berarti tegangan yang diperlukan untuk memperbaiki lampu yang flcker itu adalah resistor yang bernilai 238 Ohm setelah mencari cari ternyata resistor nilai seperti itu saya tak memilikinya sebagai gantinya saya gantikan resistor dengan nilai lebih besar sedikit yaitu 240 Ohm, tidak mengapa karena perbedaan nilai toleransinya tidak terlalu jauh asal jangan melebihi 10 persen dari nilai aslinya. Dan akhirnya monitor LCD bekerja kembali dengan normal.
Contoh kasus diatas adalah flckering ringan yang bisa diakali dengan cara demikian tetapi apabila menemukan flickering nya memang sudah parah maka jalan satu satunya adalah mengganti lampu backlight dengan yang baru.


Sumber:  http://melekterus.blogdetik.com
0
Komentar With Facebook
Komentar With Blogger

Post a Comment

Zoom
Jika setelah di zoom masih kurang jelas, coba
Untuk melihat ukuran lebih besar atau lebih jelas lagi,
membutuhkan koneksi dan grafik yang cukup baik..